Rekening offshore di dunia maritim

Portal Maritime News  Pernahkah mendengar istilah Offshore Bank? Offshore Bank atau yang dikenal dengan Bank Lepas Pantai merupakan bank yang berada di luar yuridiksi negara asal nasabah dan biasanya berada di negara bebas pajak atau negara dengan pajak rendah. Berikut beberapa keunggulan dan kekurangan Offshore Bank. 

Keunggulan Offshore Bank 

Privasi nasabah lebih terjamin
Pajak yang dibebankan sangat rendah, bahkan di beberapa negara memberikan bebas pajak
Kemudahan akses pada rekening tabungan, kurang lebih dalam hal regulasi.
Perlindungan dari instabilitas politik, keuangan dan sosial.
Biasanya Bank Lepas  Pantai terletak di negara berbentuk kepulauan. Bank Lepas Pantai juga biasanya terkait dengan kegiatan money laundering atau pencucian uang, organisasi kejahatan, penghindaran pajak dan ekonomi bawah tanah.

di dunia maritim banyak sekali rekening ini dipakai untuk transaksi jual kapal milik yg notabene di produksi di dalam negeri namun di jual ke luar negeri dengan pembayaran melalui rekening offshore. Uang tidak pernah masuk ke dalam negeri. Pemilik kapal membuka rekening offshore di luar negeri misal Swiss atau Singapore. atau kepulauan Cayman. sebagai caatan  untuk negara negara yang belum memiliki pengawasan ketat terhadap aset aset warga negaranya adalah akan sangat mudah tidak terlacak oleh pemerintahnya. ketika aset tersebut berpindah tangan. sehingga perhitungan pajak pajaknya akan bias dengan hanya menunjukan bill of sale dgn angka tidak sebenarnya..

jadi adanya rekening ini adalah usaha untuk menghindarkan dari pajak, menyembunyikan transaksi keuangannya.  Negara akan mengalami kerugian yang besar, dengan membangun kapal di dalam negeri, material material bahan di peroleh di dalam negeri namun negara tidak bisa mengambil nilai tambah dari pajak pajaknya.

apa yg harus di lakukan jika kondisi ini berlarut larut di pastikan negara menjadi bangkrut , sementara korporasi yang akan menjadi kaya raya…

porlal maritim news

sumber: dari berbagai sumber