•  
  • oceanjava.com
Selasa, 06 November 2018 - 09:36:08 WIB
FGD Grand Design Pengembangan SDM Transportasi Laut 2019-20145
Diposting oleh : Administrator
Kategori: EVENT - Dibaca: 275 kali

Pemerintah sedang memulai untuk menyusun SDM di bidang Transportasi Laut, mengingat Indonesia adalah negara Maritim dengan jumlah pulau yang terbanyak di seluruh dunia.

untuk itu kebutuhan kapal dan SDM perlu di tata untuk menghadapi persaingan yang sangat ketat. Departemen Perhubungan memerlukan diri untuk membuat satu terobosan akan kebutuhan SDM baik dari segi kuantitas maupun kualitas. SDM tersebut meliputi kebutuhan di lingkungan internal Departemen Perhubungan Laut maupun SDM yg mengoperasikan kapal kapal di dalam negeri maupun Luar negeri.

Banyak yang harus di siapkan untuk mencapai hal tersebut, mulai dari sisi akademis , kompetensi, keberadaan sekolah maritime, serta mengadakan evaluasi terhadap hasil kelulusan serta penempatan kerjanya.

Menurut Bapak Nyoman Suteja dari Pramarin bahwanya kompetensi sangat penting terutama harus mengacu kepada IMO regulasi untuk mendapatkan kualitas yg standar international baik yang SDM yg bekerja di lingkungan departemen kelautan, maupun SDM yg mengoperasikan kapal kapal dalam negeri maupun luar negeri, di samping itu Pengajar Pengajar di sekolah sekloah maritime harus memiliki pengalaman berlayar minimal 5 tahun, tak kalah pentingnya adalah kemampuan Bahasa Inggris dari SDM yg sangat lemah.

Grand Design Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Tahun 2019 ? 2045 merupakan Perencanaan Jangka Panjang yang dijabarkan dalam Jangka Menengah lima tahunan, yang disusun sebagai dasar dan acuan penyusunan Rencana Pengembangan SDM perhubungan darat, laut, udara dan perkeretaapian baik untuk aparatur perhubungan pusat/daerah maupun operator/masyarakat.

  • Maksud disusunnya Grand Design Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan adalah dalam rangka menindaklanjuti amanat Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2012 yang merupakan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang transportasi Jangka Panjang (tahun 2019 ? 2045), yang terdiri dari tahapan:

Tahap lima tahun pertama (Tahun 2019 ? 2023)

Tahap Jangka Panjang (Tahun 2024 ? 2045)

  • Tujuannya adalah sebagai dasar dan acuan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Transportasi supaya dapat dilaksanakan secara terintegrasi, konsisten dan berkesinambungan.

Hasil yang di harapkan

Pedoman perencanaan, pembangunan dan penyelenggaraan kegiatan Pengembangan SDM Perhubungan Laut menyongsong Indonesia Emas, 2045

?